Apa Bedanya Investasi Emas Antam dan Perhiasan? Pahami Sebelum Menyesal

 

Orang tua kita selalu mewanti-wanti untuk mencoba investasi emas perhiasan. Katanya, emas perhiasan bisa menguntungkan karena bisa dijual kapan saja sehingga nggak akan bikin rugi. Namun, benarkah begitu?

Well, sebenarnya pemahaman seputar emas perhiasan sebagai aset investasi tidaklah salah. Namun, perlu kamu ketahui kalau sebenarnya ada jenis emas lain yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan emas perhiasan. Yup, namanya adalah ‘Emas Antam’. Lantas, apakah investasi emas antam dan perhiasan itu berbeda? Jelas berbeda!

1. Bentuk

Berdasarkan bentuk saja, jelas emas antam berbeda sekali dengan emas perhiasan. Apa yang dimaksud dengan emas antam sendiri adalah logam mulia yang masih dalam bentuk kepingan serta batangan. Sementara itu, emas perhiasan lebih berbentuk gelang, anting, serta cincin.

Nah, dilihat dari bentuknya saja jelas nilai estetika dari emas perhiasan itu lebih tinggi. Kamu bisa menggunakan emas perhiasan kapanpun, entah untuk dipakai sehari-hari atau ke tempat pesta untuk mempersolek diri.

2. Harga Jual

Berdasarkan harga jualnya, emas antam dan perhiasan jelas berbeda. Emas perhiasan memerlukan biaya pembuatan sehingga ketika dijual, secara umum akan mengalami penurunan hingga 10%.

Berbeda dengan emas perhiasan, antam sendiri cenderung lebih stabil karena tidak memerlukan biaya pembuatan. So, kalau kamu ingin membeli emas dengan tujuan investasi jangka panjang, pilihlah antam karena harga jualnya lebih stabil. Bahkan, emas antam sendiri cenderung naik seiring waktu.

Nah, kamu bisa nih menyimpan emas antam dalam jangka waktu 4 hingga 5 tahun untuk mendapatkan untung yang tak terduga. Sedikit tips, hindari menjual emas antam jarak satu tahun dari waktu kamu membelinya. Waktu setahun belumlah terlalu ideal untuk mendapatkan keuntungan dari naiknya harga.

3. Akses Pembelian

Antara emas antam dan perhiasan saat ini sangatlah mudah didapatkan. Kamu bisa membeli emas perhiasan di pedagang emas di toko-toko. Sedangkan, kamu bisa membeli emas antam di pegadaian serta reseller resmi antam yang tersebar di seluruh wilayah.

Nah, supaya terhindar dari pedagang emas antam palsu, kamu bisa menanyakan ID Card reseller resmi emas antam. Bisa juga melakukan aktivitas nabung emas di platform terpercaya seperti Bukaemas dari Bukalapak.

Dengan berinvestasi di Bukaemas, kamu bisa nabung emas bahkan dari nominal paling kecil. Nah, nantinya ketika tabungan emas kamu sudah mencapai 1 gram, kamu bisa menarik kepingan beserta sertifikatnya yang akan dikirim ke alamat kamu.

Sekarang ini investasi emas era modern bikin kamu mudah menabung emas kapan saja dan dimana saja, lho.

4. Kemurnian

Kadar kemurnian antara emas antam dan emas perhiasan jelas berbeda. Perlu kamu ketahui kalau emas antam memiliki karat tertinggi di angka 24, dengan kadar emas 99,99%. Inilah kemudian yang menyebabkan emas antam dinamakan juga sebagai emas murni.

Sementara itu, emas perhiasan memiliki kemurnian hanya hingga 91%. Makannya, jangan heran bila harga emas perhiasan sendiri berbeda bila kamu menjualnya di toko satu dan lainnya. Pedagang nakal kadang juga mengurangi kadar kemurnian karat dari emas perhiasan yang kamu jual karena karatnya yang bisa turun.

5. Tujuan Penggunaan

Jelas saja, antara emas perhiasan dan emas antam sangatlah berbeda dari segi tujuan penggunaan. Nah, kalau kamu ingin memiliki emas yang juga bisa dipakai untuk mempercantik diri, maka pilihlah emas perhiasaan. Kamu bisa memakainya kapanpun kamu mau.

Emas perhiasan jelas bisa menaikkan ‘pride’ pemakainya dan jadi suatu kebanggaan yang bisa dipamerkan ke orang lain. Tak heran, banyak sekali ibu-ibu yang ingin membeli emas perhiasan karena hal ini.

Berbeda dengan emas antam yang tidak bisa dibawa kemana-mana dan hanya sebagai simpanan saja. Maka, kamu hanya bisa mengamankan mas antam di dalam almari kamar sebagai aset investasi.

6. Segi Keamanan

Ditinjau dari segi keamanan saat disimpan, emas perhiasan rawan pencurian dari jambret. Gampang terlihat oleh mata, membuat emas perhiasan jadi gampang diincar oleh pelaku kejahatan. Oleh karena itu, sebenarnya pakailah emas perhiasan secara wajah untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Nah, untuk emas antam sendiri dinilai lebih aman karena berbentuk kepingan dan mengharuskan kamu menyimpannya di dalam brankas khusus. Kamu juga bisa memasan CCTV di ruangan penyimpanan emas agar tidak diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Bahkan, lebih aman lagi kalau kamu mencoba metode investasi tabungan emas di Bukalapak. Sembari menunggu emasmu terkumpul 1 gram, kamu tidak perlu khawatir karena pihak Bukalapak akan mengamankan emasmu.

Inilah dia enam perbedaan emas perhiasan dan antam yang harus kamu tahu. Memang sebenarnya antara keduanya sangatlah berbeda. Bila tujuanmu adalah investasi jangka pendek, memilih emas perhiasan mungkin tidak masalah karena bisa dijual kapan saja. Selain itu, emas perhiasan sendiri juga bisa memberikan nilai kebanggan tersendiri saat dipakai.

Namun, kalau kamu berminat investasi jangka panjang, maka investasi emas antam adalah solusi paling tepat karena harga yang sangat stabil. Meski butuh waktu lama, tetapi tetaplah menguntungkan karena tidak beresiko besar. So, bagaimana? Kamu tertarik invest kapan, nih?