6 Kelebihan Menghitung Data Kehadiran Dengan Sistem Absensi Online

Salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah perusahaan adalah melalui kehadiran karyawan. Selain itu melalui absensi karyawan loyalitas dan kinerja karyawan terhadap perusahaan juga akan bisa diukur, dan nantinya menjadi pertimbangan yang objektif saat memberikan bonus atau kenaikan gaji yang biasa dilakukan dalam kurun waktu periode tertentu.

Namun bukan berarti masalah ini bisa dianggap sepele, apalagi dibiarkan karena jika terjadi terus-menerus maka dapat menjadi penghambat suatu perusahaan dapat berkembang. Sayangnya tingkat keakuratan pencatatan absensi belum maksimal jika masih dilakukan secara manual. Sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem yang bisa mengelola absensi karyawan secara online.

Kelebihan menggunakan absensi online untuk perusahaan

1. Mengukur Kedisiplinan Para Karyawan

Memantau kehadiran karyawan setiap bulan memang perlu dilakukan, akan tetapi sayangnya itu tidak cukup. Perlu ada langkah selanjutnya yaitu melakukan monitoring kedisiplinan waktu dan integritas setiap individu. Dalam hal inilah sistem absensi online akan mendukung kesuksesan perusahaan.

Terlebih lagi di era modern, efisiensi kerja juga merupakan modal utama agar perusahaan lebih baik, salah satunya dengan memperbaiki manajemen karyawan yang berfokus untuk meningkatkan produktivitas dan juga mengembangkan diri, agar terus bisa berinovasi.

2. Absensi yang Lebih Praktis

Jika harus dibandingkan melakukan absensi secara manual tentu jauh lebih melelahkan ketimbang dilakukan secara online. Ada banyak cara yang bisa perusahaan pilih seperti scan fingerprint, menggunakan kartu akses, memasukan nomor id, hingga scan wajah yang lebih modern. Dengan sistem absensi online karyawan juga tidak harus membuat waktu untuk mengantri di mesin check clock

Keuntungan tersendiri untuk bagian personalia adalah mereka dapat mengakses langsung data karyawan yang sudah terintergrasi dengan sistem, melalui smartphone, maupun laptop.

3. Real-time Data

Akan sangat melelahkan bukan jika dalam waktu tertentu HRD harus mengecek kehadiran karyawan yang datang terlambat secara manual. Belum lagi proses dan waktu yang panjang juga diperlukan untuk mengumpulkan data secara keseluruhan.

Namun sekarang dengan bantuan sistem absensi online Anda bisa melakukan pengecekan data dari kapan saja dan dimana saja. Selain itu sistem absensi online ini membuat karyawan dapat melakukan absen tanpa terbatas waktu dan ruang.

4. Adanya Transparasi Data

Konsep yang menekankan keterbukaan sehingga setiap stakeholder sebuah perusahaan dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya. Hal ini juga berlaku dalam data absensi, dimana misalnya ada beberapa orang yang perlu mencari tahu sisa cuti yang dimiliki, atau sudah berapa kali mereka terlambat masuk kerja dalam bulan ini.

Melalui cara manual tentunya akan sangat merepotkan karena karyawan harus meminta daftar absensi dahulu kepada bagian terkait untuk mendapatkan informasi tersebut. Namun dengan adanya sistem absensi online semua dapat dilakukan sendiri

5. Meningkatkan Sistem Keamanan

Sistem absensi online ternyata bukan saja terbatas pada penghitungan kehadiran karyawan saja, akan tetapi juga berguna untuk membatasi akses karyawan. Contohnya jika Anda hanya mengizinkan beberapa orang saja yang bisa memasuki ruangan tertentu, tentunya ini dapat dilakukan menggunakan sistem.

Pembatasan ini dilakukan agar menghindari terjadinya hal-hal negative yang ingin dihindari. Bukan bermaksud untuk mencurigai pihak manapun, namun perlu dilakukan untuk kebaikan bersama, apalagi jika menyangkut dokumen atau data penting.

6. Mudah Melakukan Sentralisasi Absen

Berlaku bagi perusahaan yang sudah memiliki cabang yang tersebar di berbagai daerah, yang dimana memiliki banyak pegawai dengan hak dan kewajibannya sendiri-sendiri. Rasanya tidak mungkin lagi untuk menggunakan absensi secara manual. Sehingga sangat dibutuhkan sistem absensi online yang sudah terintergrasi dengan baik agar semua urusan kantor yang menyangkut keuangan seperti gaji, uang lembur dan aspek lainnya yang menyangkut kapegawaian dapat teratasi dengan baik.

Enam manfaat ini sendiri bisa dirasakan jika Anda menghitung data karyawan secara online. Jika penasaran bagaimana cara kerjanya langsung saja kunjungi Talenta yang dapat mencatat kehadiran hanya melalui selfie yang dapat sekaligus memverifikasi keaslian data kehadiran karyawan.

Selain itu Talenta juga memudahkan untuk mengakses daftar hadir, maupun mengoreksi kehadiran hanya melalui sistem absensi berbasis web dan android. Nantinya semua permintaan akan dikirimkan melalui alur persetujuan dari bagian HRD terlebih dahulu, sehingga tingkat keamanannya dan keabsahannya dapat terjamin.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.