7 Jenis Pisang Asal Indonesia dan Cara Terbaik untuk Mengolahnya

Pisang sangat tumbuh subur di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai jenis pisang yang tersebar di segala penjuru negeri dengan masing-masing keunikannya. Rasa pisang juga sangat berbeda setiap jenisnya. Ada beberapa jenis pisang yang bisa langsung dikonsumsi, ada juga yang perlu diolah dulu agar rasanya aslinya bisa dinikmati.

Di samping itu, buah pisang juga memiliki kandungan yang sangat kaya. Banyak orang mengonsumsi pisang setelah berolahraga karena mengandung kalori dan protein yang terbilang tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A, B1, dan C. Dengan pengolahan yang tepat, kamu bisa mendapatkan manfaat pisang yang baik.

Bukan hanya buahnya, beberapa bagian pisang juga bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, batang, dan bunganya. Menanam salah satu jenis pisang di kebun juga bisa menjadi keuntungan untuk kamu.

Jenis Pisang yang Bisa Kamu Dapatkan di Indonesia

Jenis pisang bisa dicirikan dari bentuknya. Hal yang perlu diperhatikan dari setiap jenis pisang adalah cara mengolahnya. Berikut jenis pisang yang bisa kamu jumpai di Indonesia beserta cara pengolahannya:

1. Pisang ambon

Jenis pisang ini paling populer di berbagai kalangan masyarakat. Daging buah pisang ambon berwarna kuning segar dengan tekstur lembut. Bentuknya juga terbilang sangat besar. Buah yang satu ini digemari karena tidak memiliki biji di dalam daging buahnya.

Pisang ambon sangat mudah dijumpai di pasar tradisional dan modern. Harganya pun relatif terjangkau. Tak heran jenis pisang ini sering digunakan untuk olahan kue, seperti pancake, keripik, dan bolu. Namun, kamu juga bisa mengonsumsinya langsung.

2. Pisang kepok

Biarpun bukan asli Indonesia (pisang ini berasal dari Filipina), pisang kepok juga sangat digemari di Indonesia. Bentuknya agar mengotak dan lebih pendek, serta tekstur dagingnya pun terasa sedikit keras. Pisang kepok sering juga disebut “pisang burung” karena sering dijadikan pakan burung peliharaan.

Rasanya sepat, jadi kamu perlu mengolahnya dulu sebelum mengonsumsinya. Pisang kepok biasanya dikukus, digoreng, atau dibakar untuk membuat dagingnya lebih lembut.

3. Pisang tanduk

Dinamakan pisang tanduk karena bentuknya panjang dan melengkung. Jenis pisang ini paling panjang di antara jenis pisang yang lainnya. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi pisang tanduk langsung setelah dikupas. Pasalnya, daging pisang tanduk sangat keras dan rasanya sedikit pahit.

Untuk itu, kamu perlu mengolahnya terlebih dulu. Jenis pisang yang satu ini cocok digunakan untuk bahan dasar pisang goreng atau donat pisang. Kamu pun bisa membuat kreasi lain dengan memasukkannya ke dalam bolu pisang. Dengan begitu, rasa pisang tanduk akan lebih manis di mulut.

4. Pisang mas

Jenis pisang yang satu ini merupakan favorit banyak orang, biarpun bentuknya kecil. Kulit pisang ini sangat cerah dan mulus dengan kematangan yang pas. Daging pisang ini tergolong sangat lembut dan rasanya manis. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya langsung tanpa perlu diolah lebih dulu.

Selain itu, pisang mas juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis makanan. Banyak orang menambahkan pisang mas ke dalam adonan bolu pisang untuk menghasilkan rasa yang lebih manis. Pisang mas ini juga sering dipilih sebagai bahan untuk membuat brownies.

5. Pisang barangan

Kamu bisa langsung mengonsumsi jenis pisang yang satu ini karena dagingnya sangat lembut dan rasanya manis. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan pisang barangan untuk menu pisang goreng bakar cokelat keju dan roti pisang. Pisang barangan juga salah satu jenis pisang yang mudah dijumpai di pasar buah.

Kulit pisang barangan berwarna kuning dan dagingnya berwarna kuning kemerahan. Jika semakin matang, kulit pisang barangan akan menghitam dan dagingnya akan lebih lembut. Rasanya pun akan semakin manis.

6. Pisang cavendish

Buah dengan bentuk yang cantik ini merupakan salah satu jenis pisang yang digemari oleh banyak masyarakat. Kulitnya berwarna kuning cerah, mulus, dan bersih saat sudah matang. Daging buahnya pun sangat lembut dan padat. Pisang cavendish memiliki rasa manis dan sedikit asam saat dimakan langsung.

Banyak orang mengira pisang ini diimpor dari luar negeri. Sebenarnya, pisang cavendish merupakan buah asli Indonesia yang dibudidayakan di berbagai perkebunan. Pisang yang memiliki rata-rata panjang sekitar 14—15 cm ini masih memiliki harga yang relatif terjangkau.

7. Pisang uli

Buat kamu yang sering mengonsumsi keripik pisang atau sale pisang, pasti tahu jenis pisang uli. Jenis pisang yang satu ini juga sering dijadikan menu pisang goreng tepung sebagai teman di kala santai sore. Pisang uli punya tekstur yang sangat lembut sehingga banyak orang yang menyukainya.

Itulah deretan jenis pisang yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Mana pisang yang sudah pernah kamu cobaUntuk mendapatkan pisang aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pisang, kamu juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.